Menyembunyikan Tulisan (Hidden Text) Di Dalam Notepad

You Comp- Seperti biasa You Comp hadir memberikan berbagai tips bagi sobat yang membaca Artikel di blog ini. Mungkin Jika anda mempunyai tulisan  yang kemungkinan bersifat pribadi atau rahasia, dan sobat ingin menyembunyikannya Tapi tersembunyinya, terlihat seperti tidak tersembunyi, mungkin sobat bingung apa maksud dari yang bercetak tebal itu, tapi mari kita telusuri apa sih maksudnya.

Ada sebuah cara unik dan sederhana menyembunyikannya tapi dalam Notepad  dengan menggunakan perintah yang sederhana dan mudah. Syaratnya hardisk atau flashdisknya harus berformat NTFS (umumnya windows sekarang menggunakan format NTFS)

  • Buka Notepad Sobat (Cara Cepat, WIN + R Ketik CMD
  • Arahkan ke drive atau direktori yang kita inginkan untuk menyimpan file, drive D maka ganti Posisi ke Drive D:\, maka Ketik D: kemudian tekan Enter
    • Kemudian ketikkan : notepad namafile.txt:code  kemudian tekan enter, ganti tulisan yang berwarna biru dengan nama file dan kode yang kita inginkan.

    • Contoh notepad privacy.txt:abcd kemudian Tekan enter.
    • Maka akan terlihat notifikasi yang menyatakan file tidak ada dan akan dibuat file baru, klik Yes

    • Maka akan terlihat jendela notepad, silakan isi dengan tulisan atau text yang anda kehendaki, kemudian simpan file seperti biasa, dan exit.



    • Sekarang coba buka file yang telah kita buat dengan menggunakan windows explorer dan Filenya akan terlihat kosong.

      Untuk membuka kembali, lakukan dengan perintah yang sama seperti pada langkah di awal yaitu dengan mengetik notepad privacy.txt:abcd

      Perhatian :
      Kode yang kita buat harus selalu diingat, jangan sampai Lupa

      Semoga Artikel ini bermanfaat buat sobat

      Komentar